Pengembangan Alat Peraga Jaring-Jaring Bangun Ruang Tiga Dimensi
Keywords:
Alat Peraga, Jaring-jaring Bangun Ruang Tiga DimensiAbstract
Alat peraga memainkan peran penting dalam pendidikan, khususnya ketika menyangkut lingkungan pengajaran matematika di kelas. Dalam menciptakan ruang tiga dimensi, mereka mendukung pemahaman dan visualisasi siswa tentang hubungan antara permukaan dan ruang. Siswa dapat memahami gagasan jumlah sisi, titik sudut, dan sisi suatu benda tiga dimensi dengan lebih jelas ketika menggunakan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara belajar siswa dengan menggunakan alat peraga jaring-jaring bangun tiga dimensi dengan menilai kevalidan, kepraktisan dan keefektifan di kelas V SD Negeri 5 Mataram Ilir. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Mataram Ilir Seputih Surabaya Lampung Tengah, yaitu pada kelas V sekolah dasar dengan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan penilaian kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan penilaian ahli media dengan interval 82,95% dan penilaian ahli materi dengan interval 85,00% dengan keduanya memiliki kategori valid untuk diuji cobakan. Penilaian angket respon dibagi menjadi dua yaitu yang pertama angket respon guru matematika dengan yang ditinjau aspek kepraktisan diperoleh hasil 80,77% dengan kategori sangat praktis, dan angket respon siswa yang ditinjau aspek keefektifan diperoleh hasil 94,00% dengan kategori sangat efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam konteks pendidikan matematika.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Assyfa Journal of Multidisciplinary Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.